INFO TERBARU
  • 3 tahun yang lalu / Tes buat isi konten Tes buat isi konten Tes buat isi konten Tes buat isi konten
WAKTU :

Tata Cara Mandi Wajib

Terbit 13 February 2020 | Oleh : admin | Kategori : Dakwah
Tata Cara Mandi Wajib

Tata cara mandi wajib atau cara mandi junub merupakan topik yang tidak pernah sepi dibahas setiap bulannya. Redaksi melihat pentingnya pemahaman yang benar seputar mandi wajib dalam Islam, sehingga artikel ini dibuat.

(bersuci) termasuk syariat Islam penting yang wajib dipelajari dan diamalkan oleh seorang Muslim yang telah baligh. Pasalnya, thaharah (bersuci) merupakan syarat sah bagi ibadah-ibadah yang mensyaratkan kesucian di dalamnya, seperti sholat, thawaf, dan lain sebagainya.

Siapa sih yang wajib untuk mandi wajib atau mandi junub? Berikut penjelasannya.

Orang Yang Wajib Mandi

  1. Orang yang melakukan hubungan seksual, baik keluar mani maupun tidak, maka ia wajib mandi setelahnya.[1]
  2. Orang yang mengeluarkan air mani, baik karena mimpi atau karena yang lain.
  3. Meninggal dunia.[2]
  4. Berhentinya haid[3]
  5. Nifas. Nifas adalah darah yang keluar dari rahim karena wiladah (kelahiran) anak manusia, baik ia lahir dalam keadaan hidup maupun mati. Tidak termasuk nifas maupun wiladah, darah beku, permulaan mudlghah, dan lain sebagainya, yang keluar dari rahim. Batas maksimal nifas adalah 40 hari.  Wanita yang mengalami nifas tidak harus mengganti sholat yang ditinggalkannya.[4]
  6. Wiladah atau melahirkan.

Inilah 6 golongan orang yang diwajibkan untuk mandi besar atau mandi junub.

Setelah mengetahui siapa saja orang-orang yang wajib mandi besar, berikutnya dibahas tentang rukun dan sunnah mandi besar.

Langsung baca penjelasan di bawah..

Rukun Mandi wajib

Rukun (fardlu) mandi ada tiga macam:

  1. Niat, yakni berniat mandi untuk menghilangkan hadats besar.
  2. Menghilangkan najis jika najis itu ada di badan.
  3. Mengalirkan air ke seluruh rambut dan kulit.

Sunnah Mandi wajib

  1. Membaca basmalah
  2. Berwudhu sebelum mandi wajib
  3. Menggosokkan tangan ke badan
  4. Muwalah
  5. Mendahulukan anggota tubuh kanan dibandingkan anggota tubuh kiri.

Setelah mengetahui rukun dan sunnah mandi wajib, saatnya kita menengok bagaimana manusia terbaik yakni Rasulullah SAW melakukan mandi wajib ini.

Ingat di jaman rasul rumah-rumah masih belum berkeramik, bentuk kamar mandi masyarakat arab juga berbeda dengan masyarakat Indonesia.

Berikut ini di uraikan hadits-hadits tentang mandi wajib yang dilakukan oleh Rasulullah SAW yang bersumber dari istri-istri beliau.

Tata Cara Mandi Wajib Nabi Muhammad Saw.

Riwayat-riwayat berikut ini menuturkan tentang sifat mandi Nabi saw;

عن عائشة رضي الله عنها قالت «كان رسول الله إذا اغتسل من الجنابة يبدأ فيغسل يديه، ثم يُفرغ بيمينه على شماله فيغسل فَرجه، ثم يتوضأ وضوءه للصلاة، ثم يأخذ الماء فيُدخل أصابعه في أصول الشعر، حتى إذا رأى أنه قد استبرأ حفن على رأسه ثلاث حفنات، ثم أفاض على سائر جسده، ثم غسل رجليه» رواه مسلم والبخاري. وفي روايةٍ للبخاري «.. ثم يخلِّل بيده شعره، حتى إذا ظن أنه قد أروى بشرته أفاض عليه الماء ثلاث مرات ».

“Dari Aisyah ra dituturkan, bahwasanya ia berkata, “Rasulullah saw jika mandi junub, beliau memulai dengan membasuh kedua tangannya. Lalu, dituangkannya air dari tangan kanannya ke atas tangan kirinya, lalu, membasuh kemaluannya. Setelah itu, beliau ber wudhu seperti wudhu dalam sholat; dan setelah selesai, beliau mengambil air lagi dan memasukkan jari-jari tangannya hingga mencapai akar rambut. Jika beliau memandang telah sempurna semuanya, beliau mencedok air dengan kedua tangannya lalu diguyurkan ke atas kepalanya, sebanyak tiga kali cedokan. Setelah itu, beliau mengalirkan air ke seluruh badannya. Setelah itu, barulah beliau mencuci kedua kakinya”. [HR. Imam Bukhari dan Muslim]

عن ميمونة رضي الله عنها قالت «وضعتُ لرسول الله ماء يغتسل به، فأفرغ على يديه فغسلهما مرتين أو ثلاثاً، ثم أفرغ بيمينه على شماله فغسل مذاكيرَه، ثم دلك يده بالأرض، ثم مضمض واستنشق، ثم غسل وجهه ويديه، وغسل رأسه ثلاثاً، ثم أفرغ على جسده، ثم تنحَّى من مقامه فغسل قدميه» رواه البخاري ومسلم

Dari Maimunah ra dituturkan, bahwasanya ia berkata, “Saya menyediakan air mandi untuk Rasulullah saw. Lalu, beliau menuangkan air itu ke atas kedua tangan beliau, kemudian membasuhnya 2X atau 3X. Kemudian beliau menuangkan air dengan tangan kanannya ke atas tangan kirinya, dan mencuci kemaluannya. Setelah itu, beliau menggosokkan tangannya di atas tanah, lantas, berkumur-kumur dan istinsyaaq. Kemudian, beliau membasuh muka dan tangannya, dan membasuh kepalanya sebanyak 3X. Lantas, beliau menuangkan air ke seluruh badannya, dan berpindah dari tempatnya, kemudian, membasuh kedua kakinya”. [HR. Imam Bukhari dan Muslim]

عن عائشة رضي الله عنها قالت «كان رسول الله لا يتوضأ بعد الغسل» رواه النَّسائي وأبو داود وأحمد وابن ماجة. ورواه التِّرمذي وقال: حسن صحيح.

Dari Aisyah ra dituturkan, bahwasanya ia berkata, “Rasulullah saw tidak berwudhu lagi setelah mandi”. [HR. An Nasaaiy, Abu Dawud, Ahmad, Ibnu Majah, dan Imam Turmudziy. Menurut Imam Turmudziy, hadits ini hasan shahih.

عن أم سلمة رضي الله عنها قالت «قلت يا رسول الله إني امرأة أشدُّ ضَفْرَ رأسي أفأنقضه لغسل الجنابة؟ قال: لا إنما يكفيك أن تحثي على رأسك ثلاث حثيات، ثم تُفيضين عليك الماء فتطهرين» رواه مسلم وأحمد وأبو داود والنَّسائي.

Dari Ummu Salamah ra diriwayatkan, bahwasannya ia berkata, “Saya bertanya, “Ya Rasulullah, jalinan rambutku sangatlah kuat. Apakah aku harus melepaskannya untuk mandi junub? Nabi saw menjawab, “Tidak usah. Cukuplah bagimu menuangkan air di atas kepalamu sebanyak tiga kali tuangan. Setelah itu, guyurkanlah air ke seluruh tubuhmu, maka engkau telah suci”. [HR. Imam Muslim, Ahmad, Abu Dawud, dan An Nasaaiy]

عن ثوبان أنهم استفتَوْا النبي عن ذلك – يعني الغسل من الجنابة – فقال «أما الرجل فلْينشر رأسه فلْيغسله حتى يبلغ أصول الشعر، وأما المرأة فلا عليها أن لا تنقضَه، لتغرف على رأسها ثلاث غَرَفات بكفَّيها» رواه أبو داود بسند قوَّاه الشوكاني.

“Dari Tsauban diriwayatkan bahwasannya para shahabat bertanya kepada Nabi saw tentang mandi junub. Nabi saw berkata, “Adapun laki-laki, hendaklah ia menyelai-nyelai kepalanya, kemudian membasuhnya hingga mencapai pangkal rambut. Sedangkan wanita, ia tidak harus menguraikan rambutnya, namun hendaknya ia membasuh kepalanya dengan tiga kali saukan kedua telapak tangannya”. [HR. Abu Dawud, dengan sanad dikuatkan oleh Imam Syaukaniy]

عن أبي سلمة عن عائشة رضي الله عنها أنها وصفت غسل رسول الله من الجنابة، وفيه «… ثم مضمض ثلاثاً، واستنشق ثلاثاً، وغسل وجهه ثلاثاً، وذراعيه ثلاثاً، ثم صبَّ على رأسه وجسده الماء، فإذا فرغ غسل قدميه» رواه البيهقي وصححه ابن حجر.

Abu Salamah ra meriwayatkan sebuah hadits dari Aisyah ra, bahwasanya Aisyah ra menerangkan sifat mandi junub Rasulullah saw, di mana, di dalamnya dituturkan, “..kemudian beliau berkumur (3X), istinsyaaq (3X), dan membasuh wajahnya (3X), lalu lengannya sebanyak (3X). Setelah itu, beliau menuangkan air di atas kepala dan tubuhnya. Jika telah selesai, barulah beliau membasuh kedua kakinya”. [HR. Imam Baihaqiy, menurut al-Hafidz Ibnu Hajar, hadits ini shahih]

عن أبي سلمة قال «دخلت أنا وأخو عائشة على عائشة فسألها أخوها عن غسل النبي ، فدعت بإناءٍ نحوٍ من صاع فاغتسلتْ وأفاضتْ على رأسها ، وبيننا وبينها حجاب» رواه البخاري.

Dari Abu Salamah dituturkan, bahwasanya ia berkata, “Saya dan saudara laki-laki Aisyah ra mengunjungi Aisyah ra. Saudara laki-laki Aisyah ra bertanya kepadanya tentang sifat mandi Nabi saw. Aisyah ra meminta wadah berisi 1 sha’ air. Kemudian beliau membasuh dan menuangkannya di atas kepalanya; dan antara kami dan dirinya ada hijab”. [HR. Imam Bukhari]

عن ابن عباس رضي الله عنه قال : قالت ميمونة «وضعتُ للنبي ماء للغسل فغسل يديه مرتين أو ثلاثاً، ثم أفرغ على شماله فغسل مذاكيره، ثم مسح يده بالأرض، ثم مضمض واستنشق، وغسل وجهه ويديه ثم أفاض على جسده، ثم تحول من مكانه فغسل قدميه» رواه البخاري . وفي رواية أخرى له عنها «توضأ رسول الله وضوءَه للصلاة غير رجليه، وغسل فرجه وما أصابه من الأذى، ثم أفاض عليه الماء، ثم نحَّى رجليه فغسلهما…»

“Dari Ibnu ‘Abbas ra, dituturkan bahwasanya Maimunah berkata, “Saya menyediakan air mandi untuk Nabi saw. Kemudian beliau mencuci kedua tangannya dua kali atau tiga kali. Setelah itu beliau menuangkan air di atas tangan kirinya dan membasuh kemaluannya, dan kemudian mengusapkan tangannya ke tanah. Lalu, beliau berkumur dan istinsyaaq, dan dilanjutkan dengan membasuh muka dan kedua tangannya. Kemudian beliau membasuh seluruh badannya; dan berpindah dari tempatnya, lantas, membasuh kedua kakinya”. [HR. Imam Bukhari]

Di dalam riwayat lain dituturkan, “Rasulullah saw ber wudhu seperti wudhu di dalam sholat, kecuali kedua kakinya (tidak dibasuh). Lalu, beliau membasuh kemaluannya, dan semua kotoran yang menempel. Setelah itu, beliau menuangkan air di seluruh tubuhnya, setelah itu beliau memindahkan kakinya, dan membasuhnya”.

Inilah hadist-hadist bagaimana tata cara mandi wajib yang dilakukan Rasulullah SAW yang memiliki kesimpulan yang hampir sama. Walaupun tiap riwayat dari istri-istri nabi berbeda, namun tidak menimbulkan perbedaan yang besar.

Kalau dirangkum, urutan tata cara mandi besar atau mandi junub adalah sebagai berikut.

Tata Cara Mandi Wajib (mandi junub) Yang Sempurna

Berdasarkan hadits-hadits di atas, sifat mandi Nabi saw dapat dijelaskan rangkuman sebagai berikut;

  1. Berniat di dalam hati untuk menghilangkan hadats besar.
  2. Setelah itu, membaca basmalah.
  3. Dilanjutkan dengan membasuh (mencuci) kedua tangan (3X).
  4. Membasuh kemaluan, kemudian berkumur-kumur (3X), lalu, istinsyaq (3X), kemudian, membasuh muka (3X) sambil menyelai-nyelai jenggot.  Setelah selesai, dilanjutkan dengan membasuh kedua tangan sampai siku-siku (3X), lantas, membasuh rambut kepala dengan air, kemudian menyelai-nyelai hingga membasahi pangkal rambut.
  5. Kemudian menuangkan air di atas kepala (3X), lalu, mengalirkan air ke seluruh tubuh sekali saja. Setelah selesai, dilanjutkan dengan membasuh kedua kaki[5].

Ketentuan Lain Mengenai Mandi

  1. Suami isteri dibolehkan mandi dalam satu wadah[6].
  2. Seorang Muslim dan Muslimah tidak diperkenankan mandi dengan orang lain, baik sesama laki-laki asing, atau perempuan asing.[7]
  3. Wajib niat untuk menghilangkan hadats besar ketika mandi.
  4. Jika seorang Muslim junub kemudian belum mandi, setelah itu junub lagi, begitu seterusnya, ia cukup mandi janabah sekali saja[8].
  5. Mandi dan wudhu harus menggunakan air. Jika seseorang tidak mendapatkan atau tidak sanggup menggunakan air, maka wudhu dan mandinya diganti dengan tayammum.

Selain mandi wajib ternyata ada mandi yang sunnah untuk dilakukan, tentunya kita akan mendapatkan pahala jika melakukan mandi sunnah ini.

Setidaknya ada 17 macam mandi yang disunnahkan.

Nah mana yang sudah sering kita lakukan namun kita tidak tahu bahwa mandi itu adalah sunnah?

Mandi Sunnah

Mandi yang disunnahkan ada tujuh belas, yakni:

  1. Mandi sebelum sholat Jumat
  2. Mandi sebelum sholat Iedul Fithri
  3. Mandi sebelum sholat Iedul Adlha
  4. Mandi sebelum mengerjakan sholat istisqaa` (sholat minta hujan).
  5. Mandi sebelum mengerjakan sholat khusuuf (sholat gerhana matahari dan bulan).
  6. Mandi setelah memandikan mayat.
  7. Mandi bagi orang kafir sesudah masuk Islam.
  8. Mandi bagi orang yang sembuh dari gila.
  9. Mandi bagi orang yang sadar dari pingsan.
  10. Mandi sebelum ihram.
  11. Mandi karena masuk ke kota Mekah.
  12. Mandi karena wuquf di ‘Arafah.
  13. Mandi karena mabit (bermalam) di Muzdalifah.
  14. Mandi untuk melempar tiga jumrah.
  15. Mandi untuk thawaf.
  16. Mandi untuk sa’i.
  17. Mandi karena masuk ke kota Rasulullah saw (Madinah). [Matan Syuja’]

Inilah 17 jenis mandi sunnah yang bisa kita lakukan, dari jenis-jenis mandi sunnah diatas ternyata lebih banyak mandi sunnah dilakukan di tanah haram ketika hendak umrah atau berhaji.

Sedangkan yang sering kita lalukan mungkin mandi sunnah sebalum sholat jumat.

Nah, bagaimana dengan karyawan kantoran yang ingin melakukan sunnah mandi sebelum sholat jumat?

Tentunya bisa membawa perlengkapan mandi ke kantor ^_^

Semoga artikel tentang tata cara mandi wajib ini bermanfaat.

Wallahu’alam


[1] ]يا أيها الذين آمنوا لا تَقْرَبُوا الصلاةَ وأنتُم سُكارى حتى تعلموا ما تقولون ولا جُنُباً إلا عابِري سبيلٍ حتى تغتسلوا ..[ الآية 43 من سورة النساء.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu sholat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, jangan pula hampiri masjid sedang kamu dalam keadaan junub, kecuali sekedar berlalu saja hingga kamu mandi”. [TQS An NIsaa’ (4):43]

]يا أيها الذين آمنوا إذا قُمْتُم إلى الصَّلاةِ فاغْسِلوا وجوهَكُم وأيديَكُم إلى المرافق وامْسَحُوا برؤوسِكُم وأَرْجُلكم إلى الكعبين وإنْ كُنتم جُنُباً فاطَّهَّروا…[ الآية 6 من سورة المائدة.

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu, dan tanganmu sampai dengan siku, dan usaplah kepalamu dan basuhlah kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah”.[TQS Al-Maidah (5):6]

[2] عن أم عطية قالت «دخل علينا النبي  ونحن نغسل ابنته فقال : اغسِلْنَها ثلاثاً أو خمساً أو أكثر من ذلك ، إنْ رأيتُنَّ ذلك، بماء وسدر، واجعلن في الآخرة كافوراً أو شيئاً من كافور، فإذا فرغْتُنَّ فآذِنَّني، فلما فرغنا آذنَّاه، فألقى إلينا حَقْوه فقال: أشْعِرْنَها إياه» رواه والبخاري و المسلم وأحمد وأهل السنن

“Dari Ummu ‘Athiyah dituturkan bahwasanya ia berkata, “Nabi saw mendatangi kami, dan kami sedang memandikan (jenazah) puteri beliau saw.  Lalu beliau bersabda,”Basuhlah dia tiga atau lima kali, atau lebih dari itu, dengan air dan pohon bidara, dan lakukanlah yang terakhir dengan kapur barus, atau sesuatu dari dari kapur barus.  Jika kalian telah selesai beritahulah diriku.  Ketika kami telah selesai, kami memberitahu beliau. Lalu beliau memberikan kain penutup badan (sejenis kain sarung) kepada kami, seraya bersabda, “Kenakanlah kepadanya kain penutup ini”. [HR. Imam Bukhari dan Muslim, Imam Ahmad, dan Ahlu Sunan]

[3] عن عائشة رضي الله عنها «أن أسماء سألت النبي  عن غسل المحيض فقال: تأخذ إِحداكنَّ ماءها وسِدْرتها فتطَّهَّر فتحسن الطهور، ثم تصب على رأسها فتدلكه دلكاً شديداً حتى تبلغ شؤون رأسها، ثم تصب عليها الماء، ثم تأخذ فِرْصةً مُمَسَّكةً فتطَّهَّر بها  فقالت أسماء: وكيف تَطَهَّر بها؟ فقال : سبحان الله تطهَّرين بها، فقالت عائشة كأنها تُخفي ذلك : تَتَبَّعين أثَر الدم …» رواه مسلم

“Dari ‘Aisyah ra dituturkan bahwasanya ia berkata, “Asma’ bertanya kepada Nabi saw tentang mandinya wanita haidl.  Nabi saw menjawab, “Hendaklah seseorang di antara kalian mengambil air dan pohon bidara, lalu bersucilah (mandi),  dengan sebaik-baik  bersuci.  Lalu tuangkanlah air di atas kepala, lalu ratakanlah air itu dan gosok-gosokkan air itu dengan keras hingga mencapai pangkalnya.  Lalu tuangkanlah air di atasnya.  Kemudian ambillah kapas yang di dalamnya ada misk, dan bersucilah dengannya”.  Asma’ bertanya, “Bagaimana cara bersuci dengannya?  Nabi saw bersabda, “Maha Suci Allah, bersucilah kamu dengannya”.  ‘Aisyah berkata, seakan-akan ia menyembunyikan hal itu, “Kenakanlah pada bekas darah”. [HR Imam Muslim]

[4] عن أم سلمة رضي الله عنها قالت «… كانت المرأة من نساء النبي  تقعد في النفاس أربعين ليلة، لا يأمرها النبي  بقضاء صلاة النفاس» رواه أبو داود.

“Dari Ummu Salamah ra, dituturkan bahwasanya ia berkata, “….Seorang isteri dari isteri-isteri Nabi

[5]      Menurut mayoritas ulama, membasuh kaki lebih utama diakhir mandi.  Pendapat ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Maimunah dan juga Aisyah ra.

[6] لما روت معاذة عن عائشة  رضي الله عنها قالت «كنت أغتسل أنا ورسول الله  من إناءٍ بيني وبينه واحدٍ، فيبادرني حتى أقول: دع لي، دع لي . قالت: وهما جنبان» رواه مسلم.

“Mu’adz meriwayatkan dari ‘Aisyah ra bahwasanya beliau berkata, “Saya tengah mandi bersama Rasulullah saw dalam sebuah wadah, hingga aku dan beliau bisa saling melihat (aurat) satu dengan yang lain. Beliau berebut denganku, hingga aku berkata, “Biarkan untukku, biarkan untukku”. Perawi mengatakan, “Keduanya dalam keadaan junub”.[HR. Imam Muslim]

[7] روى أبو سعيد الخدري أن رسول الله  قال «لا ينظر الرجل إلى عورة الرجل ولا المرأة إلى عورة المرأة، ولا يُفضي الرجل إلى الرجل في ثوب واحد، ولا تُفضي المرأة إلى المرأة في الثوب الواحد» رواه مسلم .

Abu Sa’id al-Khudriy ra meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda, “Janganlah seorang laki-laki melihat aurat laki-laki lain, dan janganlah seorang wanita melihat aurat wanita lain. Dan janganlah seorang laki-laki bertelanjang dengan laki-laki lain dalam satu kain.  Dan janganlah perempuan bertelanjang dengan perempuan lain dalam satu kain”.[HR. Imam Muslim]

[8] روى أنس «أن النبي  كان يطوف على نسائه بغُسل واحد» رواه مسلم وأحمد والنَّسائي. ورواه ابن حِبَّان ولفظه «أن رسول الله كان يطوف على جميع نسائه في ليلة، ثم يغتسل غُسلاً واحداً».

Anas meriwayatkan bahwasanya Nabi saw menggilir isteri-isteri beliau dan mandi sekali”,[HR. Imam Muslim, Ahmad, dan An Nasaaiy]. Imam Ibnu Hibban meriwayatkan dengan redaksi, “Nabi saw menggilir seluruh isterinya dalam satu malam, dan mandi sekali”.[HR. Ibnu Hibban]

SebelumnyaTata Cara Wudhu Tayamum SesudahnyaTatacara Sujud Sahwi dan Sujud Syukur dalam Mahzab Syafii

Berita Lainnya

0 Komentar